susah nemu orang kaya gini

 Jujur, gue lebih appreciate orang yang biasa- biasa aja tapi punya tanggung jawab dan semangat yang tinggi untuk ngelakuin apa yang udah dia putusin. Dibanding orang yang pinter tapi gak punya tanggung jawab dan gabisa komitmen sama diri sendiri, apalagi orang lain.


Sekarang gue jadi paham, kenapa hal basic dari skill yang wajib dipunya sama semua orang di dunia kerja tuh selalu ini :

1. Kerja sama dalam tim

2. Tanggung jawab

3. Komunikasi yang baik

4. Inisiatif dan kreatif yang tinggi

Dulu gue selalu bilang "ah, bullshit skill kaya gini, ga mungkin lah skill yang dicari cuma kaya gitu, karena logikanya kalau ada orang yang punya skill keempat itu tapi ga bisa ngejalanin job desk nya ujung- ujung nya juga ga diterima." Tapi ternyata dulu emang belum ngerti aja, dan sekarang gue paham kenapa banyak persayaratan basic tuh harus punya 4 hal tadi, ya karena mau sepinter apapun lo dengan skill spesifik lo, kalo lo ga punya 4 skill tadi, lo ga cuma ngerugiin diri sendiri, kadang orang lain jadi imbasnya. 

Sepinter apapun lo, kalo lo gabisa kerja sama dalam tim dengan baik, gapunya inisiatif, ga mampu komunikasiin apa yang seharusnya dikomunikasiin, lo tetep ga ada artinya apa- apa. 

Sekarang gue sadar, makin ke sini yang gue butuhin (teman, partner, dll) adalah orang yang bisa komitmen kalau diajak ngelakuin sesuatu sih. Tapi susah jujur nemu orang kaya gitu. Tekanan batin banget ada di dalem satu tim yang anggotanya ga punya inisiatif dan gabisa tanggung jawab untuk kerja sama dalam tim. 

Ternyata semakin dewasa, pertemanan nggak cuma diukur dari dia asik atau engga, ya. Ada hal yang lebih mahal untuk bisa kita dapet dari yang namanya pertemanan, salah satunya bisa punya tanggung jawab dan mau diajak untuk growth atau tumbuh bareng- bareng.  

Itu aja. 

Komentar

Postingan Populer