CULTURE SHOCK SAAT KULIAH

 Banyak orang bilang kuliah sama SMA  itu beda jauh. Mmm, menurut gue masing- masing aspek itu emang ada bedanya. Tapi, kalau secara keseluruhan sih, menurut gue masih sama- sama ada sibuknya dan sama- sama ada tanggung jawabnya. Mungkin kalau kuliah termakan label "udah dewasa". 

Oke, di bagian ini, gue nggak akan kasih wejangan untuk kalian yang baca secara gimana- gimana. Tapi, gue di sini cuma mau kasih tau apa perbedaan yang gue alami dari sudut pandang gue selama kuliah. Kalau pertanyaannnya kuliah sama SMA itu beda atau engga? gue akan menjawab beda. 

Di kuliah, lo ga perlu nyatet, lo bener- bener bebas. Nggak kaya SMA, menurut gue, dulu gue SMA masih ada guru yang nanyain atau bahkan nge-cekin catetan. Tapi sekarang, dosen nggak akan minta kerajinan lo untuk nyatet. Tapi, ada tapinya nih. Apa yang lo lakuin, itulah yang harus lo tanggung risikonya. Ketika lo nggak nyatet di kuliah, lo akan kehilangan materi dengan sia- sia menurut gue. Selama di kuliah jujur gue masih mencatat di buku yaa.. Karena menurut gue, dengan ,lo nggak nyatet ya ilmu lo akan ngalir aja kaya air. *Dengan catetan, sekali lagi ini subjektif ya. Kalo ada tipe orang udah kelewat jenius, dia nggak nyatet, tapi selalu paham sama materinya, itu it's oke. Jadi, perihal mencatat memang nggak wajib, dan itu kebebasan untuk lo, tapi dengan catatan lo harus bisa mempertanggungjawabkan materi itu. 

Di kuliah, nyari temen susah. Gue akan menjawab pertanyaan ini dengan kata "tergantung.". Yaa, tergantung, tergantung dari diri kita bisa atau engga adaptif sama lingkungan baru. Jadi, menurut gue, masalah per circle-an di kuliah itu ya sama aja kaya di SMA. Cuma ada satu fakta sekaligus poin penting yang mau gue kasih tau, di kuliah itu kita semakin dewasa, humor pertemanan belum tentu se asik dan sekonyol ketika SMP dan SMA. Di kuliah, orang- orang udah mulai punya urusannya masing- masing yang kadang kita nggak akan pernah tahu. Jadi, nggak usah kaget kalau di kuliah itu orang- orang lebih memikirkan dirinya sendiri. Bukan egois, tapi lebih ke mereka nggak akan buang waktu buat mikirin orang- orang atau hal- hal yang nggak penting buat mereka. *Catatan lagi, ini belum tentu, tapi rata- rata kaya gini. Jadi, kalau orang yang hobinya mikirin hidup orang lain, mungkin itu masih ada, tapi pasti mereka nggak punya kerjaan atau kesibukan. Percaya deh. 

Menurut gue, kuliah itu nggak harus pintar. Tapi harus rajin. Gimana caranya supaya survive di perkuliahan? jawabannya jadilah mahasiswa yang rajin. 

Dosen itu galak- galak. Enggak. Gue berani mematahkan kalimat atau opini itu karena menurut gue perkara dosen itu subjektif ya. Jadi, ya sama kaya SMA lah, ada yang galak ada juga yang enggak. 

Waktu jadi lebih berharga. Yaaa, ini hal signifikan yang paling gue rasain perbedaannya ketika masuk kuliah. Nggak tahu kenapa, tapi waktu jadi ngerasa kaya lebih berharga aja gitu. Kaya, kalo buang- buang waktu sedikit aja jadi sayang dan lebih baik dipakai untuk ngelakuin kegiatan lain. Dulu, pas SMA mungkin gue masih santai- santai sama yang namanya waktu, waktu terasa lama aja gitu. Mungkin karena beban tugas dan belajarnya nggak seberat kuliah kali ya. Tapi, setelah masuk kuliah, gue ngerasa waktu tuh jadi jauh lebih cepet. Entah kenapa. Kadang, di suatu pagi, secara nggak sadar tiba- tiba gue nggak ngerasa kalau gue udah sibuk di depan laptop sampai siang atau bahkan sore hari. Sampe kadang- kadang, nggak nyangka tiba- tiba malem aja gitu. Nah, kenapa gue ngerasa waktu berharga? gue ngerasa berapa pun waktu yang ada itu emang fakta bener- bener berharga, even 10 menit atau 5 menit sekalipun. Contohnya gini ketika gue lagi ujian, dan tiba- tiba waktu udah mau habis, tapi gue belum scan hasil jawaban gue. Dan ketika dosen bilang ada waktu tambahan 5 menit, itu rasanya lega banget. Rasanya 5 menit yang sebelumnya kita anggap remeh, pas kuliah itu bisa jadi waktu penolong lo dalam segala hal. Jadi, semenjak kuliah, gue jadi lebih menghargai waktu sih. 

👋

Komentar

Postingan Populer